selamat datang di sigit32exe.blogspot.com
BAB II - APA ITU BLOG?
09.00.00 | Author: SIGIT ANGGA webSHIT

Beberapa tahun terakhir ini pengguna blog di Indonesia sudah mulai meningkat pesat. Dari mulai anak usia belasan tahun hingga para orang dewasa sudah banyak mengapresiasikan dirinya dan menuangkan segala informasi-informasi ke dalam blog karena mereka menganggap bahwa sebagai bangsa Indonesia yang sedang berkembang, kita harus mengerti tentang teknologi agar tidak tertinggal dengan negara lain.

Sebenarnya apa sih yang disebut dengan BLOG dan apakah pentingnya kita memiliki sebuah BLOG? Baiklah, pada artikel ini saya akan membahas tentang pengertian dari BLOG. Menurut beberapa sumber yang saya temukan baik dari media cetak maupun media elektronika dan menurut hasil diskusi daya dengan Guru mata pelajaran Teknik Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA N 1 Tegal, bahwa BLOG sendiri awalnya bernama WEBBLOG dan seiring berjalannya waktu maka banyak orang yang menyebutnya Blog. Menurut isinya blog beisikan cerita atau catatan tentang kehidupan seseorang tetapi kalau kita lihat dari sifatnya yang mudah untuk dimodifikasikan, maka blog menjadikan salah satu pilihan seseorang untuk mempostingkan segala informasi kedalam suatu blog baik dengan tujuan berbagi ilmu pengetahuan ataupun memperoleh penghasilan melalui internet (bisnis). Sekarang pertanyaan saya, mengapa banyak orang memilih blog sebagai media promosi atau media untuk menuliskan berbagai hal dibandingkan dengan sebuah website?


Menurut saya pribadi banyak orang memilih blog karena mudahannya dalam proses membuatnya, tersedanya berbagai layout yang gratis dan sudah otomatis di-upload oleh perusahaan blog tersebut ke dalam dunia internet. Sedangkan ketika kita akan membuat website maka modal dasar yang harus kita kuasai adalah tentang bahasa atau kode HTML (Hypertext Markup Laguage), XHTML (Extensible Hypertext Markup Language), CSS (Cascading Style Sheets), Javascript, XML (Extensible Markup Language), AJAX (Asyncronous Javascript and XML), dan lain sebagainya. Tentunya bahasa atau kode ini sangat sulit untuk dipelajari dari pada rumus-rumus fisika yang diajarkan pada bangku SMA.


Menurut saya secara tampilan blog sudah sejajar dengan website karena banyak layout yang bagus-bagus dan menarik. Serta kita juga bisa membuat layout sendiri dengan bahasa XML melalui software Macromedia Dreamweaver serta kita dapat mengolah blog dengan bahasa HTML sehingga tampilan blog menjadi interaktif, bahkan Anda juga dapat menambahkan format flash yang membuat tampilan blog Anda menjadi perfect (sempurna).


Jadi kita dapat menarik kesimpulan bahwa blog tidak ada bedanya dengan website jika kita lihat dari segi tampilannya, kita dapat membuat blog secara gratis dan kita tidak perlu mengeluarkan biaya ketika kita posting atrikel atau uploadfile kedalam blog kita, sedangkan sebuah website harus membayar dengan biaya yang agak mahal untuk meng-upload ­file-nya (walaupun ada beberapa situs yang menyediakan layanan upload file gratis seperti situs geocities).


Mungkin di Indonesia belum banyak orang-orang yang mengerti dari kita semua bahwa di luar negeri banyak sekali perusahaan-perusahaan periklanan yang mengajak berkerjasama dengan pemilik blog atau website agar pemilik blog atau website tersebut mau menaruh iklannya pada blog atau website kita sehingga kita mendapatkan penghasilan dari hasil kerjasama tersebut. Bagi orang Indonesia terutama untuk kalangan remaja banyak yang menggunakan internet hanya sebatas hiburan semata, bahkan parahnya lagi banyak diantara mereka yang menggunakan internet sebagai tindak kriminalitas seperti melakukan perjudian dan membuka situs-situs terlarang. Kalau bangsa Indonesia memanfaatkan internet semata-mata hanya sebagai hiburan, maka kapan bangsa ini akan menjadi maju?


Bagi kita yang sudah mengerti betapa pentingnya sebuah internet dan sudah berbisnis melalui dunia internet (seperti menaruh iklan pada sebuah blog) maka ketika ada orang yang mengunjungi blog dan mengklik iklan yang ada maka dari proses tersebut uang akan mengalir ke dompet kita.


Salah satu perusahaan yang mengajak bekerjasama dalam berbisnis di internet yaitu google yang reputasinya sudah teruji. Tetapi bukan hanya google saja yang menawarkan bisnis melalui internet, masih banyak lagi perusahaan-perusahaan sejenis yang menawarkan kerjasama untuk menaruh iklannya pada blog kita.


Banyak orang yang bertanya, “apakah mungkin segampang itu memperoleh penghasilan melalui internet?” Memang kelihatannya mudah, tetapi bukan berarti semua akan berjalan dengan lancar. Perlu Anda ketahui, bahwa ketika Anda mengikuti program ini (Program Google Adsense) banyak sekali aturan dan ketentuan yang harus Anda ikuti agar dapat memperoleh penghasilan melalui bisnis ini, ini bukan berarti sulit, karena kerja keras dan usahalah yang menentukan keberhasilan itu semua. Ingat ada pepatah yang mengatakan, “if there is a will, there is a way.” Arti dari pribahasa tersebut yaitu jika ada kemauan pasti ada jalan yang lebar terbuka.

This entry was posted on 09.00.00 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar:

sigit32exe Facebook